Ciri Khusus Pencemaran

Ciri khusus adanya indikasi pencemaran air ini perlu kami sampaikan agar anda dapat mengantisipasi kondisi water treatment di rumah anda. Apalagi jika anda tinggal di daerah kota besar, daerah industri maupun pemukiman dengan kondisi warga yang kurang peduli terhadap lingkungan hidup. Dengan memperhatikan apakah ciri-ciri khusus pencemaran ini terjadi di lingkungan anda, maka anda dapat mengambil kesimpulan dan keputusan untuk menggunakan filter air waser.
pencemaran air
Adapun ciri-ciri yang menunjukkan terjadinya pencemaran adalah:
  1. Warna kekuningan akan muncul jika air tercemar chromium dan materi organik. Jika berwarna merah kekuningan, itu menandakan adanya cemaran besi. Sementara pengotor berupa lumpur akan memberi warna merah kecoklatan.
  2. Kekeruhan juga merupakan tanda bahwa air tanah telah tercemar oleh koloid (bio zat yang lekat seperti getah atau lem). Lumpur, tanah liat dan berbagai mikroorganisme seperti plankton maupun partikel lainnya bisa menyebabkan berubah menjadi keruh.
  3. Polutan berupa mineral akan memjadikannya memiliki rasa tertentu. Jika terasa pahit, pemicunya bisa berupa besi, alumunium, mangaan, sulfat maupun kapur dalam jumlah besar.
  4. Air tanah yang rasanya seperti sabun menunjukkan adanya cemaran alkali. Sumbernya bisa berupa natrium bikarbonat, maupun bahan pencuci yang lain misalnya detergen.
  5. Sedangkan rasa payau menunjukkan kandungan garam yang tinggi, sering terjadi di daerah sekitar muara sungai.
  6. Bau yang tercium juga menunjukkan adanya pencemaran. Apapun baunya, itu sudah menunjukkan bahwa kondisi air tidak layak untuk dikonsumsi.
Pertanyaannya adalah, apakah kondisi di lingkungan rumah tinggal anda seperti yang tertera salah satu ciri pencemaran di atas?